Kodak di Ambang Kebangkrutan

VIVAnews – Perusahaan yang dianggap sebagai ikon dunia fotografi, Eastman Kodak, tengah berada di ujung tanduk. Perusahaan ini dikabarkan telah mendaftarkan perlindungan dari kebangkrutan karena lilitan masalah dalam hal permodalan.

Harian The Wall Street Journal seperti dikutip dari laman Reuters.com, Kamis, 5 Januari 2012 melaporkan, Kodak tak mampu menambah modal setelah gagal menjual paten produk digitalnya.

Kodak dikabarkan tengah dalam pembicaraan dengan sejumlah kreditor potensial untuk memperoleh pendanaan sebesar US$1 miliar guna melanjutkan bisnis perusahaan di tengah proses kebangkrutan.

Pendaftaran kebangkrutan ini rencananya segera diajukan pada awal Februari 2012.

Saham Kodak di Bursa Saham New York diketahui anjlok 28 persen menjadi 47 sen dolar AS. Hal itu menunjukkan investor mulai meragukan kemampuan perusahaan untuk kembali meraih penjualan tinggi dari paten yang dimilikinya maupun upaya pendanaan guna membuat Kodak tetap beroperasi.

Juru bicara Kodak –yang tidak bersedia disebutkan namanya– ketika diminta tanggapannya mengatakan, terkait kebijakan perusahaan, dia menegaskan tidak bisa berkomentar terhadap informasi yang bersifat rumor pasar maupun spekulasi.

Kekhawatiran Kodak yang tidak bisa melanjutkan operasionalnya sudah muncul pada November 2011. Saat itu, Kodak diperkirakan tidak mampu bertahan pada 2012, karena tak mampu memperoleh dana sebesar US$500 juta.

Kas perusahaan juga diketahui terus menipis seiring penjualan produk yang tak mampu menggapai beban usaha yang terus membesar. Kodak mempekerjakan pegawai hampir di seluruh dunia.

http://bisnis.vivanews.com/news/read/277678-ikon-fotografi-dunia-diambang-kebangkrutan

About ardynofian

nothink
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s