Pegadaian Produksi Logam Mulia Sendiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan Umum Pegadaian menjual logam mulia yang diproduksi sendiri, bukan logam mulia yang diproduksi PT Aneka Tambang atau Antam seperti yang dilakukan selama ini.

Pegadaian memang tidak memproduksi sendiri, tetapi bekerja sama dengan PT Hartono Wira Tanik sebagai pengolah emas menjadi logam mulia tersebut. “Sementara ini, kami kerja sama dengan Antam. Galeri 24 menjual secara tunai. Adapun Cabang Pegadaian menjual secara cicilan atau angsuran,” ujar staf Humas Perum Pegadaian, Lucya Widarti, Kamis (29/12/2011) di Jakarta.

Menurut Lucya, berat logam mulia bermerek Pegadaian ini mulai lima gram. Galeri 24 sendiri merupakan unit layanan Perum Pegadaian yang khusus melayani jual beli logam mulia. Selama ini, Galeri 24 membeli logam mulia dari Antam, kemudian menjualnya kembali.

Karena menjual logam mulia Antam, harga jual logam mulia di Galeri 24 lebih mahal dari harga yang diumumkan Antam setiap harinya. Selisihnya bisa mencapai Rp 15.000 per gram. Sekarang, pembeli logam mulia bisa membeli dari Galeri 24 pada harga yang sama dengan harga Antam sehingga, sebagai gambaran, harga logam mulia seberat 10 gram akan lebih hemat Rp 150.000.

Liputan Kompas menunjukkan ada perbedaan sertifikat logam mulia antara produksi Antam dan produksi Pegadaian. Sertifikat logam mulia asal Antam berbahan kertas, sedangkan sertifikat logam mulia asal Pegadaian berbahan plastik mika yang lebih keras dan tahan sobek, serta dibubuhi barcode (kode batang) untuk menegaskan status logam mulianya.

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/12/29/12311017/Pegadaian.Produksi.Logam.Mulia.Sendiri

About ardynofian

nothink
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s