Indonesia Peringkat ke-4 Konsumsi Rokok Terbesar di Dunia

Indonesia Peringkat ke-4 Konsumsi Rokok Terbesar di Dunia

KONSUMSI rokok dari tahun ke tahun di Indonesia cenderung mengalami peningkatan. Bahkan, hal itu mengantarkan Indonesia pada posisi ke-4 konsumsi rokok terbesar di dunia.

Efek buruk rokok memang sudah banyak diungkapkan oleh para peneliti. Meski demikian, para perokok terus saja bertambah seiring perjalanan waktu.

“Tingginya konsumsi rokok di Indonesia tentu sangat mempihatinkan, karena ada banyak efek buruk dari rokok yang memengaruhi kesehatan”papar dr. Kartono Mohammad, Ketua TCSC-IAKMI, dalam acara diskusi Indonesia Masih Saja Terbelenggu Asap Rokok, di Gedung Granadi, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (29/1/2013).

Dengan tingginya jumlah perokok dari tahun ke tahun, Indonesia pun masuk dalam jajaran negara dengan konsumsi rokok terbesar di dunia, yaitu urutan ke empat setelah China, USA, dan Rusia.

Hal ini tentu sangat memprihatinkan. Pasalnya, konsumsi rokok di Indonesia memberikan sumbangan masalah kesehatan global dengan peringkat tersebut. Seperti diketahui, jumlah batang rokok yang dihisap oleh masyarakat Indonesia cenderung meningkat dari 182 milyar batang pada 2001 (Tobacco Atlas 2002) menjadi 260, 8 milyar batang pada tahun 2009 (Tobacco Atlas 2012). Tentu pekerjaan rumah yang membutuhkan proses panjang untuk menyelesaikannya. Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan guna mengentaskan masalah besar ini.

http://health.okezone.com/read/2013/01/29/482/753238/indonesia-peringkat-ke-4-konsumsi-rokok-terbesar-di-dunia

About ardynofian

nothink
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s