Metadon, Cara Lain Sembuhkan Pecandu Narkoba

Metadon, Cara Lain Sembuhkan Pecandu Narkoba

REHABILITASI menjadi pengobatan yang banyak ditempuh para pecandu narkoba. Padahal di luar itu, ada obat pengganti yang bisa dikonsumsi sementara agar pecandu bisa mengurangi ketergantungannya secara perlahan.

Perawatan medis bagi pecandu narkoba memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memasukkan pengguna narkoba ke panti rehabilitasi. Di sana, mereka bisa mendapatkan berbagai perawatan, baik medis fisik maupun psikis. Namun di luar cara tersebut, ada hal efektif lainnya yang bisa ditempuh, yakni memberikan obat pengganti untuk meminimalisasi ketergantungan.

“Terapi medis para pecandu narkoba bisa dimulai dengan memberi obat pengganti, yaitu metadon. Obat ini berperan seperti kamuflase kokain atau narkoba lainnya yang akan membantu pecandu saat sakau.
Dengan demikian, para pecandu bisa secara perlahan mengurangi sakau dan ketergantungannya kepada narkoba,” tutur dr. Kartono Mohamad, Ketua TCSC-IAKMI saat ditemui Okezone dalam acara bedah buku Fakta Tembakau, Permasalahannya di Indonesia di Wisma Granadi, Kuningan, Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Penggunaan metadon ini akan membantu pecandu untuk terlepas dari ketergantungan narkoba. Efek metadon yang menyerupai narkoba ini akan dikurangi secara perlahan hingga pecandu benar-benar terlepas dari kecanduan narkoba.

“Selain pengobatan medis, pecandu juga membutuhkan pengobatan dalam bentuk konseling. Dukungan keluarga sangat berperan dalam mendorong pecandu untuk kembali percaya diri dan mau terbebas dari dunia narkoba,” tutur dr. Kartono.

http://health.okezone.com/read/2013/01/29/482/753347/metadon-cara-lain-sembuhkan-pecandu-narkoba

About ardynofian

nothink
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s